Sabtu, 08 Januari 2011

PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA

                                                   
                                KHOLID 
                           NIM : G000 070077 


                  FAKULTAS AGAMA ISLAM 
  UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 
                             TAHUN 2010 






                                                                                          


                                          BAB I 


1.  Latar Belakang  Masalah 


            Bimbingan       dan   konseling   merupakan      salah  satu   komponen     dari 


    pendidikan, mengingat bahwa bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan 


    bantuan   dan   tuntunan   yang   diberikan   kepada   individu   pada   umumnya,   dan 


    pada siswa pada khususnya di sekolah dalam rangka meningkatkan mutunya. 


    Hal ini sangat relevan jika dilihat dari perumusan bahwa pendidikan itu adalah 


    merupakan   usaha   sadar   yang   bertujuan   untuk   mengembangkan   kepribadian 


    dan    potensi-potensinya     (bakat,  minat,   dan   kemampuannya).       Kepribadian 


    menyangkut   masalah perilaku atau sikap   mental dan kemampuanya   meliputi 


    akademik      dan   keterampilan.    Tingkat   kepribadian    dan   kemampuan      yang 


    dimiliki,   oleh   seseorang   merupakan   suatu   gambaran   mutu   dari   orang   yang 


    bersangkutan. 


            Pada    masyarakat    yang   semakin    maju,   masalah   penemuan     identitas 


    pada    individu   menjadi   semakin    rumit.   Hal  ini  disebabkan    oleh   tuntutan 


    masyarakat      maju    kepada    anggota    –  anggotanya      menjadi    lebih  berat. 


    Persyaratan     untuk    di  terima   menjadi     anggota    masyarakat    bukan    saja 


    kematangan      fisik,  melainkan   juga  kemampuan      mental   psikologis,   kultural, 


    vokasional,    intelektual,  dan   religius.  Kerumitan    ini  terus  meningkat   pada 


    masyarakat   yang   sedang   membangun,   akan   merupakan   pula   tantangan   bagi 


    individu      atau    siswa.    Keadaan       semacam      inilah    yang     menuntut                                                                  


diselenggarakanya bimbingan dan konseling di sekolah (Ketut Sukardi, 2008: 


1-2). 


         Di    Indonesia,     kenyataan     menunjukan       bahwa    Islam    di   Indonsia 


mayoritas (85 %). Bagi umat Islam, pendekatan agama serta pendekatan yang 


Islami dari aspek kegiatan merupakan suatu jalan untuk mengamalkan ajaran 


Islam.   Pemecahan   masalah   kehidupan  dengan   pendekatan   Islami   merupakan 


suatu    jalan   yang   terbaik.   Oleh    sebab   itu,  bimbingan     yang    dilaksanakan 


berdasarkan Islam dengan unit  analysis need assessment (analisis kebutuhan 


obyek) akan lebih bermanfaat bagi obyek (Ridwan, 1998:  12). 


         Bimbingan       dan   konseling    Islami   adalah   suatu   layanan    yang   tidak 


hanya     mengupayakan        mental    yang    sehat   dan   hidup   bahagia     melainkan 


bimbingan   dan   konseling   Islami   juga   menuntut   ke   arah   hidup yang   sakinah, 


batin merasa tenang dan tentram karena selalu dekat dengan Alloh Swt. Faqih 


(2001:    14   –  20)  lebih   merinci   lagi  bahwa,    latar  belakang    bimbingan     dan 


konseling   Islami   seperti   uraian   di   atas   dapat   ditinjau   secara   mendalam   dari 


segi jasmani,    rohani,   individu, sosial dan budaya (Saring Marsudi Dkk, 2003: 


49 – 51). 


         Keadaan bimbingan dan konseling di sekolah yang mengatasnamakan 


Islam    tentunya    lebih  mengedapankan        pemahaman       nilai–nilai   Islam   dalam 


membimbing siswa dan tidak sebatas menangani permasalahan siswa dengan 


belajarnya   tetapi   lebih   kepada   penanganan   masalah   keagamaan   siswa   dalam 


hal menyentuh aspek qolbu siswa agar menjadi anak yang taat kepada Alloh 


Swt . 






                                                                                              


         Anak   –   anak   pada   tingkat   usia   SMP   telah   memasuki   pubertas   yang 


oleh para ahli psikologi seperti Rumke, R. Cassimir dan sebagainya dianggap 


masa   usia   di   mana   perasaan   keagamaan   mulai   terbentuk   dalam   pribadinya. 


Masa   pubertas   tersebut   dialami   oleh   mereka   sebagai   permulaan   timbulnya 


sturn    und    drang     (kegoncangan       batin)   yang    sangat    memerlukan        tempat 


perlindungan       jiwa    yang    mampu      memberikan        pengarahan      positif   dalam 


perkembangan   hidup   selanjutnya.   Arifin   (1976:   63,27)   menyebutkan   ada   2 


faktor    yang    menyebabkan        terjadinya    kegoncangan       yang    berdampak      pada 


kenakalan   remaja   yaitu   :   faktor   sekitar   atau   lingkungan   (environment)   dan 


faktor    kepribadian     (personality)     anak   sendiri.   Faktor    sekitar  terdiri   dari  : 


keadaan      ekonomi      masyarakat,     masa    /  daerah    peralihan,    keretakan     hidup 


keluarga,     pengaruh     teman    sebaya,    pengaruh     pelaksanaan      hukum.     Adapun 


faktor kepribadian terdiri dari: penyakit syaraf, penyakit jiwa, dorongan nafsu 


berlebihan,   penilaian   yang   tidak   tepat   terhadap   diri   sendiri   dan   orang   lain, 


pandangan terhadap diri sendiri yang negatif. 


         Disinilah     pentingnya     penggalian     konsep     bimbingan     konseling     yang 


Islami,   yang   menuntut   kearah   hidup   yang   sakinah,   batin   merasa   tenang   dan 


tentram   karena   selalu   dekat   dengan   Alloh   Swt.   Bimbingan   konseling   tidak 


hanya   terpecahkan   masalah   klien,   tetapi   meningkatkan   kesadaran   klien   serta 


menyiapkan klien agar mampu   melaksanakan tugas Kholifah Alloh di bumi. 


Bimbingan   konseling   Islami         mengarahkan       manusia   yang   dalam   kehidupan 


sehari   –   harinya   selalu   putus   asa,   kufur   dan   sombong,   dholim   dan   kufur, 


dholim dan bodoh, berkeluh kesah dan kikir, merugi menuju kehidupan yang 






                                                                                            


diridhoi Alloh dengan seluruh aspek prosesnya berlandaskan Islam (Alquran 


dan Alhadist) (Saring Marsudi Dkk, 2003:  54). 


         Bimbingan dan konseling Islami merupakan suatu layanan yang tidak 


hanya mengupayakan moral yang sehat dan hidup yang bahagia melainkan ke 


arah hubungan manusia kepada Alloh Swt (Marsudi, 2003:  51). 


         Dengan   diterapkanya   bimbingan   dan   konseling   Islami   yang   menitik 


beratkan      kepada     aspek    keagamaan       siswa.   Aspek      keagamaan      apabila 


dijalankan     dengan    sebaik   –  baiknya,   akan    mampu     mengangkat      kehidupan 


manusia      semakin     tinggi,   bukan    saja   dari   sisi  keduniawian       melainkan 


keakhiratan (Prayitno, 1997:  17). 


         SMP Muhammadiyah 4 Surakarta  adalah lembaga pendidikan formal 


di   kota   solo.   Di   sekolah   ini   layanan   bimbingan   dan   konseling   merupakan 


bagian yang tak terpisahkan dari keseluruhan kegiatan pendidikan di sekolah. 


Bimbingan konseling untuk membantu individu mewujudkan dirinya menjadi 


manusia seutuhnya agar mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat, 


dan   mampu   mengatasi   masalah   yang   sedang   di   hadapinya.   Penulis   merasa 


tertarik untuk meneliti SMP Muhammadiyah 4 Surakarta, karena pelaksanaan 


bimbingan      dan   konseling   di   SMP   tersebut   dalam   menangani   permasalahan 


siswa   lebih   mengedepankan   rasa   kasih   sayang   kepada   siswanya   dan   tidak 


menggunakan   sanksi   /   hukuman   yang   bersifat   fisik.   Fungsi   bimbingan   dan 


konseling   sudah   berjalan   dengan   baik,   dilihat   dari   segi   minimnya   kenakalan 


siswa. Selain itu, setiap ada permasalahan, siswa langsung datang ke BK tanpa 


merasa takut karena adanya kedekatan antara BK dan siswa. 




                                                                                             


             Berdasarkan       uraian    di   atas   maka     penulis    memilih     judul    ” 


    PENERAPAN            BIMBINGAN          DAN     KONSELING          ISLAMI       DI   SMP 


    MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA ”. 


2.  Penegasan Istilah 


             Untuk    menghindari     kemungkinan      penafsiran    atau  interpretasi  yang 


    tidak dikehendaki terhadap serangkaian kata – kata pada judul skripsi yaitu : 


             Bimbingan:   Membantu   individu   untuk   memahami   dan   menggunakan 


    secara    luas   kesempatan     pendidikan,    dan   sebagai   bentuk   yang    sistematis 


    sebagai    siswa   dibantu    untuk   memperoleh     penyesuaian     diri  baik  terhadap 


    sekolah maupun kehidupan sehari – hari (Prayitno, 1999:  93). 


             Konseling:      Bantuan      yang     diberikan     kepada     individu    untuk 


    memecahkam         masalah    dalam    kehidupannya      dengan    wawancara,     ataupun 


    dengan     cara   yang   sesuai   dengan    keadaan    individu   yang   dihadapi   untuk 


    mencapai kesejahteraan hidupnya (Walgito, 1995:  5). 


             Bimbingan   dan   konseling   Islami:   pelayanan   bantuan   yang   diberikan 


    oleh konselor agama kepada manusia yang mengalami masalah dalam hidup 


    keberagamaan,   ingin   mengembangkan   dimensi   dan   potensi   keberagamaanya 


    seoptimal     mungkin,    baik  secara   individu   maupun     kelompok    agar   menjadi 


    manusia   yang   mandiri   dan   dewasa   dalam   beragama,   melalui   berbagai   jenis 


    kegiatan dan layanan pendukung berdasarkan keimanan dan ketaqwaan yang 


    terdapat dalam Alquran dan Hadist ( Yahya, 2004 :  108 ). 


             Anak   –   anak   pada   tingkat   usia   SMP   telah   memasuki   pubertas   yang 


    oleh para ahli psikologi seperti Rumke, R. Cassimir dan sebagainya dianggap 






                                                                                             


    masa   usia   di   mana   perasaan   keagamaan   mulai   terbentuk   dalam   pribadinya. 


    Masa   pubertas   tersebut   dialami   oleh   mereka   sebagai   permulaan   timbulnya 


    sturn    und   drang    (kegoncangan      batin)  yang    sangat   memerlukan      tempat 


    perlindungan      jiwa   yang    mampu     memberikan       pengarahan     positif  dalam 


    perkembangan hidup selanjutnya. 


             Dari pengertian-pengertian istilah di atas, maka yang penulis maksud 


    dari   judul   keseluruhan   dalam   skripsi   ini   adalah   mengetahui   penerapan   dan 


    pelaksanaan   bimbingan   dan   konseling   Islami   dan   hambatan   yang   terjadi   di 


    SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. 


3.  Rumusan Masalah 


             Dari latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas penulis ingin 


    merumuskan permasalahan sebagai berikut : 


     1.  Bagimanakah       pelaksanaan    /  penerapan    bimbingan    konseling    Islami   di 


         SMP Muhammadiyah 4 Surakarta ? 


4.  Tujuan Dan Manfaat Penelitian 


             Adapun tujuan yang akan dicapai peneliti adalah : 


     1.  Mengetahui        pelaksanaan       bimbingan      dan     konseling      di    SMP 


         Muhammadiyah 4 Surakarta. 


             Manfaat Penelitian 


             Untuk   meningkatkan   kualitas   pelaksanaan   bimbingan   konseling   yang 


    Islami di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. 


                                                                                             


5.  Kajian Pustaka 


             Johan     Wijaya    (1988)    dalam    bukunya     yang    berjudul   Psikologi 


    Bimbingan Konseling. Bimbingan konseling merupakan bagian dari program 


    bimbingan di sekolah sebagai salah satu jenis pelayanan bimbingan konseling 


    yang   tidak   dapat   dilaksanakan   dengan   baik   tanpa   jalinan   yang   erat,   dengan 


    pelayanan     bimbingan     lainya.  Peran   konseling   dalam    proses   bimbingan    di 


    sekolah tergantung pada beberapa faktor yaitu : 


    1.  Tafsiran konseling sebagai suatu kegiatan profesional 


    2.  Keadaan   konselor   yang   ditugaskan   di   sekolah   yang   bersangkutan   dalam 


        orientasi profesional dan mutu kerja 


    3.  Bantuan dan kerjasama antara semua anggota staff dan guru sekolah dan 


        yang bersangkutan. 


             Arifin,   (1976   )   dalam   bukunya   yang   berjudul  Pokok-Pokok   Pikiran 


    Tentang     Bimbingan     dan   Penyuluhan     Agama,    tidak   mendefinisikan     secara 


    khusus tentang kesulitan rohaniah,tetapi hanya memberikan gambaran bahwa 


    bimbingan dan konseling islam adalah membantu seseorang atau klien(dalam 


    hal ini siswa) dalam membantu pemberian kecerahan batin sesuai dengan jiwa 


    dan ajaran agama. Maka dengan demikian, terbimbing perlu di beri  ”insight” 


    (kemampuan melihat rangkaian problema yang dihadapi) sebab ia menderita 


    penyakit kejiwaan  (mental ielness) yang   mengganggu ketenangan kehidupan 


    rohaniahnya dan sebagainya. 


             Aunur Rahim Faqih (2001) dalam bukunya Bimbingan dan Konseling 


    dalam     Islam,    menjelaskan     manusia    memerlukan       pemenuhan      kebutuhan 


                                                                                            


rohaniah dalam arti psikologis. Seperti telah diketahui, manusia di anugerahi 


kemampuan   rohaniah   (psikologis)   pendengaran,penglihatan   dan   kalbu,   atau 


kemampuan   cipta   rasa   dan   karsa.   Secara   luas   untuk   hidup   bahagia,   manusia 


memerlukan keadaan mental psikologis yang baik (selaras, seimbang). 


         Dalam kehidupan nyata, baik karna faktor internal maupun eksternal, 


apa yang diperlukan manusia bagi psikologisnya itu bisa tidak terpenuhi atau 


dicari   dengan   cara   yang   tidak   selaras   dengan   ketentuan   dan   petunjuk   Alloh. 


Dalam      kehidupan     akan   muncul     rasa  ketakutan    yang    tergolong    berkaitan 


dengan   segi   psikologis.   Disisi   lain,   kondisi   psikologis   manusia   pun   (sifat, 


sikap) ada juga yang lemah dan memiliki kekurangan. 


         Handoko (UMS, 2007) Fungsi BK Islami dalam Meningkatkan Minat 


Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta menyimpulkan bimbingan 


konseling   Islami     di   SMP   Muhammadiyah   1   Surakarta   dalam   menjalankan 


aktifitasnya bekerjasama dengan guru pendidikan agama Islam, dengan materi 


akhlakul   karimah.   Dengan   demikian   bimbingan   dan   konseling   Islami   lebih 


menekankan pada pembinaan akhlak siswa agar menjadi siswa yang taat pada 


agama 


         Erwin kurniawan (UMS, 2009) dalam skripsinya yang                 berjudul Peran 


Guru     Pamong      Dalam     Bimbingan     Dan    Konseling     Islami   Di   SMP    Islam 


Terpadu At- Taqwa Miri Sragen, menyimpulkan bahwa proses bimbingan dan 


konseling   Islami   yang   dilakukan   oleh   guru   telah   berjalan   dengan   baik   dan 


maksimal. Hal ini bisa dilihat dengan sedikitnya para siswa yang mengalami 


kesulitan   belajar   dan   banyaknya   siswa   yang   sadar   untuk   beribadah   kepada 






                                                                                               


    Alloh      dan    telah    mengaplikasikan        akhlak–akhlak       mulia     serta   dapat 


    menyelesaikan masalah pribadinya. 


             Jadi   di   sini   jelas   berbeda   dengan  yang   penulis   bahas,   karena   penulis 


    akan      membahas       tentang    penerapan      bimbingan      dan    konseling     Islami. 


     Sedangkan   yang   dibahas   oleh   saudara   Handoko   tentang   fungsi   BK   Islami 


    dalam meningkatkan minat belajar siswa. Adapun yang dibahas oleh saudara 


    Erwin   Kurniawan   tentang   peran   guru   pamong   dalam   bimbingan   konseling 


    Islami 


             Oleh   sebab   itu   dapat   disimpulkan   bahwa   bimbingan   dan   konseling 


    Islami diperlukan untuk membantu manusia agar dalam memenuhi kebutuhan 


    psikologisnya dapat senantiasa selaras dengan ketentuan petunjuk Alloh Swt. 


6.  Metode Penelitian 


             Usaha   untuk   melakukan   sebuah   penelitian,   diperlukan   suatu   metode 


    yang tersusun secara sistematis dengan tujuan agar data yang diperoleh valid 


    sehingga penelitian ini layak untuk diuji kebenaranya. 


    Jenis penelitian 


             Penelitian     ini  termasuk    penelitian   lapangan   (Field    Research),   yaitu 


      suatu   penelitian   untuk    mempelajari     secara   intensif  tentang    latar  belakang 


      sekarang dan lingkungan suatu unit, sosial, individu, kelompok, dan lembaga 


     kemasyarakatan (Suryabrata, 1993:           23). 


             Pendekatan yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah 


     pendekatan   kualitatif.   Menurut   (Moloeng,   1995:        65)   pendekatan   kualitatif 




                                                                                      


 yaitu penelitian yang prosedurnya menghasilkan data deskriptif berupa kata – 


 kata tertulis atau lisan dari orang – orang dan pelaku yang di amati. 


 1) Sumber Data 


         Untuk   memudahkan   penulis        memperoleh   data   dalam   penelitian   ini, 


 maka penulis memerlukan sumber data. Yang dimaksud dengan sumber data 


 dalam   penelitian   ini   adalah   subjek   dimana   data   diperoleh   (Arikunto,   1993: 


 114 ). 


 a.  Data Primer 


    Siswa   –   siswi   SMP   Muhammadiyah   4   Surakarta   dengan   jumlah   sampel 


    yang     dipakai   dalam    penelitian   36   siswa,    guru    tenaga    dan   petugas 


    bimbingan dan konseling. Merekalah yang menjadi subjek dan responden 


    dalam penelitian ini . 


 b.  Data Sekunder 


    Data   sekunder   disini   mencakup   kepala  sekolah,   tenaga   administrasi,   dan 


    dokumentasi sekolah 


2)  Metode pengumpulan data 


         Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode 


     1.  Metode interview 


                Interview     yang   sering   juga   disebut   sebagai   wawancara      atau 


         kuisioner lisan adalah sebuah dialog yang dilakukan oleh pewawancara 


         untuk memperoleh informasi dari terwawancara (Arikunto, 1999: 145). 


                Interview     adalah    metode    tanya    -  jawab   untuk    menyelidiki 


         pengalaman,      perasaan,    motif   serta  motivasi.   Metode     interview    ini 






                                                                                


    penulis gunakan untuk   mengetahui tentang penerapan bimbingan dan 


    konseling Islami di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. 


            Adapun   dalam   pelaksanaanya,   penulis   menggunakan   interview 


    terpimpin.      Artinya    dalam     pelaksanaan     interview,    pewawancara 


    membawa pedoman yang hanya merupakan garis–garis besar tentang 


    hal-    hal  yang    akan   ditanyakan    tentang    bentuk   pelaksanaan     dari 


    penerapan      bimbingan    konseling    Islami   di  SMP    Muhammadiyah        4 


    Surakarta. 


2.  Metode  Observasi 


            Metode   observasi   adalah   metode   yang   dilakukan   dengan   cara 


    pengamatan atau pencatatan dengan sistematis tentang fenomena yang 


    diselidiki.   Seperti   yang   dikatakan   Suharsimi   Arikunto   (   1999:   131), 


    bahwa      observasi   disebut   pula   dengan    pengamatan      yang   meliputi 


    kegiatan    pemusatan     perhatian   terhadap   objek   dengan    menggunakan 


    seluruh     indera.   Metode     ini   digunakan     untuk    mengetahui     letak 


    geografis atau posisi sekolah SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. 


3.  Metode Dokumentasi 


            Dokumentasi       yaitu  setiap   bahan   tertulis  ataupun    film,  baik 


    dokumen       resmi   maupun     pribadi  (S.Nasution,1998:85).      Metode     ini 


    digunakan      untuk    memperoleh      data  sebagai    pelengkap     data  yang 


    diperoleh dari hasil wawancara. 


4.  Metode Angket 




                Metode      angket    adalah    sejumlah    pertanyaan     tertulis  yang 


         digunakan     untuk   memperoleh      informasi   dari  responden     dalam   arti 


         laporan   tentang   pribadinya    atau  hal-  hal  yang   diketahui   (Arikunto, 


         1992:   124).   Angket   dapat   dibedakan   dua   jenis   dipandang   dari   cara 


        menjawab : 


         a.  Angket terbuka: adalah angket yang memberi kesempatan kepada 


             responden untuk menjawab dengan kalimatnya sendiri 


        b.   Angket   tertutup: adalah   angket   yang   sudah   disediakan   jawabanya 


             sehingga responden tinggal memilih. 


                Dalam  penelitian   ini   menggunakan   angket   tertutup,   metode   ini 


         digunakan   untuk   memperoleh   data   tentang   penerapan   bimbingan   dan 


        konseling Islami di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta 


3)  Metode Analisis Data 


        Data yang diperoleh melalui pengumpulan data masih merupakan data 


 yang   mentah.   Untuk   menjadikan   data   yang   masih   mentah   tersebut   menjadi 


 matang dan dapat dipertanggung jawabkan kebenaranya, perlu diolah dengan 


 beberapa     metode.     Dalam    penelitian    ini  penulis   menggunakan       metode 


 kualitatif.    Dengan      menganalisa      data-data     yang    terkumpul      peneliti 


 menggunakan metode analisis non statistik, yaitu dengan cara berfikir : 


 a.  Induktif:   Metode   induktif   merupakan   metode   pembahasan   masalah   yang 


     bertolak    dari   pengumpulan     fakta   suatu  masalah,   kemudian    fakta-fakta 


     yang     senada   diambil    konklusinya     untuk    dijadikan   standar.   Metode 


     induktif adalah metode pembahasan masalah yang berangkat dari fakta - 




          fakta      atau    peristiwa-peristiwa      yang    khusus     dan   kongkrit     itu 


          digeneralisasikan yang mempunyai sifat umum (Sutrisno, 1993: 42). 


     b.  Deduktif:    Metode    deduktif   adalah   metode    yang   berpangkal    dari  suatu 


         proposisi     umum     yang   sebenarnya    telah   diketahui   atau  diyakini    dan 


         berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat lebih 


         khusus (Kusdiyanto,1997:10). 


7.   Sistematika pembahasan 


             Bab 1 Pendahuluan, Mengemukakan tentang latar belakang, penegasan 


    istilah, fungsi bimbingan konseling Islami, faktor-faktor bimbingan konseling 


    Islami 


             Bab     2  Bimbingan      Konseling     Islami,    Memuat     tentang    definisi 


    bimbngan       konseling    Islami,    bimbingan     dan    konseling    Islami,    fungsi 


    bimbingan      konseling    Islami,  faktor  –  faktor   bimbingan    konseling    Islami, 


    penerapan bimbingan konseling Islami 


             Bab    3  Gambaran      Umum   Sekolah      dan   Penerapan    Bimbingan     Dan 


    Konseling Islami Di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta 


             Bab ini berisi tentang 


             A.   Gambaran     umum     SMP    Muhammadiyah        4  Surakarta   mencakup: 


    letak   geografis,   keadaaan   siswa,   keadaan   pengajar,   struktur   organisasi   SMP 


    Muhammadiyah 4 surakarta 




        B.  Bimbingan    dan  konseling  di  SMP  Muhammadiyah     4  Surakarta 


struktur organisasi BK, program kerja BK, fungsi BK, hambatan serta usaha - 


usaha dan hasil yang dicapai . 


        Bab 4 Analisis Data 


        Bab 5 Penutup mencakup kesimpulan dan saran 

1 komentar: