Minggu, 09 Januari 2011

PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DI PROGRAM INKLUSI SD AL FIRDAUS SURAKARTA TAHUN 2008/2009

                                        Oleh:

                               Achmad Sudibyo

                               NIM: G000040084

                                           

                                           

                   FAKULTAS AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

                                        2010


                                               BAB I

                                       PENDAHULUAN

                                                   

A.  Latar Belakang Masalah

              Manusia  pada  hakikatnya  diciptakan  dalam  keadaan  terbaik,  termulia,

     tersempurna      dibandingkan       dengan     makhluk      lainnya.   Seperti    yang     Allah

    jelaskan  dalam  surat  At  Tin  ayat  empat;  akan  tetapi  disamping  itu  manusia

    juga  memiliki  hawa  nafsu  dan  perangai  atau  sifat  tabiat yang buruk, misalnya

     suka    menuruti     hawa     nafsu,   aniaya,    membantah   dan   lain-lain.   Sehingga

     manusia  bisa  terjerumus  pada  lembah  kenistaan  sehingga  menjadi  serendah-

     rendahnya makhluk.

              Mengingat   berbagai   sifat   tersebut,   maka   diperlukan   adanya  upaya

     untuk   menjaga   agar   manusia   tetap   pada   hakekatnya   yang  pertama  yaitu

     manusia  dalam  sebaik-baik  makhluk  "ahsanitaqwim",  dan  tidak  terjerumus  ke

     dalam  kehinaan  atau  ke  asfal  taqwim  seperti  yang  Allah  lukiskan dalam surat

     At Tin.

      

                     

     
     Sesungguhnya  kami  Telah  menciptakan  manusia  dalam  bentuk  yang  sebaik-
     baiknya. Kemudian kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya
     (neraka),  Kecuali  orang-orang  yang  beriman  dan  mengerjakan  amal  saleh;
     Maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya. ( Q.S. At Tin, 95: 4-6)
     

     

     


Allah melukiskan pula dalam surat Al 'Ashr ayat 1-3.



Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali
orang-orang   yang   beriman   dan   mengerjakan   amal   saleh   dan   nasehat
menasehati   supaya   mentaati   kebenaran   dan   nasehat   menasehati   supaya
menetapi kesabaran. (Al ‘Ashr, 103: 1-3)
          

          Di  dalam  suatu  lembaga  pendidikan  telah  di  kenal  layanan  bimbingan

dan  konseling  untuk  menjaga  peserta  didik  agar  mereka  senantiasa  dalam

kondisi  yang  baik  dan  juga  untuk  membantu  perkembangan  mereka  supaya

optimal.

        Menurut (Faqih) bimbingan dan konseling Islami mempunyai fungsi:

 1.   Fungsi   preventif ;     yakni     membantu        individu    menjaga   atau   mencegah

     timbulnya masalah bagi peserta didik;

2.   Fungsi     kuratif     atau    korektif;    yaitu    membantu        individu    memecahkan

     masalah yang sedang dihadapi atau dialaminya;

3.   Fungsi  preservative ;  yaitu  membantu  individu  menjaga  agar  situasi  dan

     kondisi   yang   semula   tidak   baik   (mengandung   masalah)   menjadi   baik

     (terpecahkan) dan kebaikan itu bertahan lama;

4.   Fungsi     developmental         atau    pengembangan;         yaitu   membantu   individu

     memelihara  dan  mengembangkan  situasi  dan  kondisi  yang  telah  baik  agar

     tetap   baik   atau   menjadi  lebih  baik,  sehingga  tidak  memungkinkannya

     menjadi sebab munculnya masalah bagi peserta didik (Faqih, 2001: 37).



          Bimbingan  dan  konseling  merupakan  suatu  layanan  untuk  membantu

para  peserta  didik  agar  berkembang  optimal.  Tanpa  bimbingan  dan  bahkan

tanpa  pendidikan  formal,  sebenarnya  para  peserta  didik  tetap  berkembang,

tetapi    perkembangannya            belum      optimal.     Para     peserta     didik     sering    kali

menghadapi  sejumlah  hambatan,  kesulitan  atau  masalah  yang  tidak  dapat

mereka pecahkan sendiri. Mereka membutuhkan bantuan khusus dalam bentuk

layanan bimbingan dan konseling.

          

                                                

                                                                                                      

Keterangan:  Perbandingan  perkembangan  peserta  didik  tanpa  pendidikan  di
sekolah,   dengan   pendidikan   dan   dengan   bimbingan   (Sukmadinata   Nana
Syaodih, 2007: 71).
 
 
          SD   Al   Firdaus   menginternalisasikan   nilai-nilai   Islam   dalam   setiap

pelajaran.      Termasuk        dalam      menangani        anak-anak        berkebutuhan         khusus

(ABK).   Pelayanan   terhadap   ABK   tersebut   bisa   di   sebut   dengan   istilah


bimbingan  dan  konseling   Islami;  karena  pelayanannya  disesuaikan  dengan

nilai-nilai Islam. Adapun kategori ABK adalah sebagai berikut:

1.   Kesulitan Belajar (Learning Disabilities)

    Siswa  dengan  intelegensi  normal  atau  di  atas  normal  yang  mengalami

    kesenjangan     antara   potensi   intelektual   yang    mereka    miliki   dengan

    pencapaian  hasil  belajar.  Kesulitan  belajar  diklasifikasikan  menjadi  dua

    yaitu:

    a.  Development      Learning     Disabilities.   Kesulitan    jenis   ini   adalah

       penyimpangan yang  terjadi dalam fungsi-fungsi psikologis dan bahasa.

    b. Academic   Learning   Dissabilities.   Kesulitan   belajar   dalam   bidang

       akademik merujuk pada suatu keadaan yang menghambat proses belajar

       dalam bidang akademik. 

2.   Lamban Belajar (Slow Learning) 

    Siswa  yang  memilki kapasitas  intelektual di  bawah rata-rata tetapi  masih

    di atas tunagrahita atau retardasi mental. Mereka memiliki IQ sekitar 80-

    90.  Siswa  tersebut  memiliki  kecepatan  belajar  di  bawah  siswa  pada

    umumnya. 

3.   Berbakat Intelektual

    Siswa  yang  memiliki  kecerdasan  umum  (logis  matematis),  kreatifitas  dan

    komitmen     terhadap    tugas   cukup    tinggi.  Mereka     akan   mendapatkan

    program       pengayaan       dan     mengoptimalkan        potensinya      dengan

    menggunakan kurikulum non gradasi di bawah pengawasan gurubesar atau

    ahli kependidikan UNS.


            Anak-anak  yang  masuk  dalam  program  inklusi  SD  Al  Firdaus  adalah

    anak kesulitan belajar, autis, lamban belajar, kesulitan belajar, retardasi mental

    dan  anak  yang  mempunyai  gangguan  pemusatan  perhatian.  Guru  bimbingan

    dan   konseling   mengatagorikan   anak   yang   masuk   dalam   program   inklusi

    bekerja  sama  dengan  wali  murid  dan  para  wali  kelas.  Karena  wali  murid  dan

    wali   kelaslah  yang    mengetahui    persis  akan    kelebihan   dan   kekurangan

    kemampuan  anak.  Dalam  setiap  semester  wali  kelas  mengumpulkan  data

    tentang  kelebihan  dan  kekurangan  apa  yang  ada  pada  anak  didik.  Kemudian

    data  tersebut  diberikan  kepada  guru  BK  untuk  ditindak  lanjuti.  Oleh  karena

    keunggulan-keunggulan  yang  dimiliki  oleh  SD  Al  Firdaus  khususnya  dalam

    bidang  BK  inilah,  penulis  tertarik  untuk  mempelajari  lebih  jauh  bimbingan

    dan konseling Islami di SD Al Firdaus Surakarta ini.

B.  Penegasan Istilah

            Penegasan   istilah   dikemukakan   untuk   menghindari   kesalahpahaman

    pengertian  serta  memberi  gambaran  mengenai  ruang  lingkup  dalam  penelitian

    ini. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

    1.   Pelaksanaan

                Pelaksanaan     artinya   adalah    proses   (Kamus     Besar    Bahasa

        Indonesia, 2005: 627).

    2.   Bimbingan

                Bimbingan adalah petunjuk cara melakukan sesuatu (Kamus Besar

        Bahasa Indonesia, 2005:  152)

                Sedangkan  menurut  Traxler,  …  Bimbingan  merupakan  bantuan
        yang    memungkinkan       tiap   individu   dapat   memahami      kemampuan-


     kemampuan   dan   minat-minatnya,   mengembangkan   diri  secara  optimal,
     menyesuaikan   diri   dengan   tuntutan   kehidupan,   dan   akhirnya   menjadi
     individu  utuh  dan  matang  yang  mampu  membimbing  diri  sendiri,  sebagai
     warga    yang     sesuai   dengan     harapan     masyarakat      (Sukmadinata       Nana
     Syaodih, 2007: 9).
              
3.   Konseling

              Konseling  adalah  pemberian  bantuan  oleh  konselor kepada konseli

     sedemikian  rupa  sehingga  pemahaman  terhadap  kemampuan  diri  sendiri

     meningkat  dalam  memecahkan  berbagai  masalah  (Kamus  Besar  Bahasa

    Indonesia, 2005: 588).

              Menurut  Good  (1945:  104),  konseling  merupakan  bantuan  yang

     bersifat  individual  dan  pribadi  untuk  mengatasi  masalah-masalah  pribadi,

     pendidikan  dan  vokasional,  dalam  bantuan  tersebut  semua  fakta  yang

     berkaitan  dengan  masalah  tersebut  dipelajari,  dianalisis  dan  berdasarkan

     hal-hal   tersebut     bantuan     pemecahan       masalah     dirumuskan,      seringkali

     dengan   meminta   bantuan   para   spesialis,   narasumber   di   sekolah   dan

     masyarakat,  menggunakan  wawancara  pribadi  yang  diarahkan  agar  klien

     dapat membuat keputusan sendiri”. 

4.   Islami

              Islami  adalah  bersifat  keislaman  (Kamus  Besar  Bahasa  Indonesia,

     2005: 444). Maksudnya adalah suatu perbuatan yang sejalan dengan ajaran

     Islam dan tidak bertentangan dengannya.

5.   Program

              Program  adalah  rancangan  mengenai  asas  serta  usaha  yang  akan

     dijalankan (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2005: 897).


6.   Inklusi

              Menurut  David  Smit  inklusi  adalah  pendidikan  yang  menampung
     semua      siswa    dengan      berbagai      kondisi,     baik    siswa     yang    memiliki
     kelemahan  fisik,  intelektual,  sosial,  emosional,  kesulitan  berbicara,  dan
     kondisi  lainnya.  Pendidikan  inklusif  juga  mewadahi  anak  cacat,  gifted
     child, anak jalanan dan pekerja, anak dari daerah terpencil dan nomaden,
     anak dari bahasa, etnis dan budaya minoritas, serta anak didik dari daerah
     konflik     atau    bencana      dan    anak    dari    daerah     atau    kelompok        yang
     termarjinalkan.           http://id.shvoong.com/books/1881196-inklusi-sekolah-
     ramah-untuk-semua/.  Di  SD  Al  Firdaus  terdapat  program  inklusi  yaitu
     program pusat pelayanan anak berkebutuhan khusus (PUSPA).
              
              
7.    SD Al Firdaus 

               SD  Al  Firdaus  adalah  lembaga  pendidikan  tingkat  dasar  sebagai

     kelanjutan  dari  jenjang  pendidikan  sebelumnya  yaitu  taman  pendidikan

     prasekolah   Al   Firdaus.   SD   Al   Firdaus   ini   pengelolaannya   di   bawah

     yayasan lembaga pendidikan Al Firdaus.

              Yayasan        lembaga       pendidikan       Al     Firdaus      adalah     lembaga

     pendidikan  Islam  terpadu  yang  mengembangkan  model  pendidikan  Islam

     berwawasan  sains  dan  teknologi, serta kewirausahaan. Jenjang pendidikan

     yang dikembangkan terdiri atas Play Group, Taman kanak-kanak, Sekolah

     Dasar,   Sekolah   Menengah   (SMP   dan   SMA)   dan   nantinya  Perguruan

     Tinggi.

              Kurikulum   yang   digunakan   adalah   kurikulum   Al   Firdaus   yang

     menginternalisasikan          nilai-nilai    emosional,       spiritual,     akademis       dan

     kewirausahaan berlandaskan Islamic Core.


C.  Rumusan Masalah

               Berdasarkan  latar  belakang  yang  telah  disebutkan  dapat  dirumuskan

     permasalahannya  yaitu:  Bagaimana  pelaksanaan  BK  Islami di Program inklusi

     SD Al Firdaus Surakarta ?

               

D.  Tujuan Penelitian

               Berdasarkan  rumusan  masalah  tersebut  maka  tujuan  dari  penelitian  ini

     adalah:  Untuk  mengetahui  pelaksanaan  BK  Islami  di  Program  Inklusi  SD  Al

     Firdaus Surakarta.

               

E.  Manfaat Penelitian

               Dengan       memperhatikan         tujuan      penelitian     tersebut     maka      dapat

     ditentukan manfaat penelitian adalah:

     1.   Secara teoritis

          Hasil    penelitian      ini   diharapkan       akan     berguna      sebagai      sumbangan

          pemikiran      bagi   dunia   pendidikan   Islam   khususnya   pada   bidang   BK

          Islami.

     2.   Secara praktis

          a.  Hasil    penelitian      ini    diharapkan        akan     berguna       sebagai      bahan

             pertimbangan  bagi  guru  BK  dalam  penanganan  klien  menuju  manusia

             yang kamil yang Islami.

          b.  Hasil   penelitian   ini   diharapkan   akan   berguna   sebagai   wacana   bagi

              semua pihak yang berkompeten terhadap BK Pendidikan Islami.

          

F.  Tinjauan Pustaka

            Berikut    ini  adalah    penelitian   sebelumnya     yang    dapat    penulis

    dokumentasikan sebagai kajian pustaka.

            Heny   Lesiawaty   dalam   skripsinya   yang   berjudul  Hubungan   Antar

    Sikap Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling Dengan Prestasi Belajar

    Pada   Siswa   Kelas   Akselerasi   SMA   Muhammadiyah   1   Yogyakarta,   dia

    menyimpulkan:

    1.   Semakin  baik  atau  tinggi  sikap  siswa  terhadap  layanan  bimbingan  dan

        konseling   maka   akan   semakin   tinggi   prestasi   belajar   dan   sebaliknya

        semakin  buruk  atau  rendah  sikap  siswa  terhadap  layanan  bimbingan  dan

        konseling maka akan semakin rendah prestasi belajar siswa.

    2.   Sumbangan  efektif  dari  variable  sikap  terhadap  layanan  bimbingan  dan

        konseling  pada  proses  belajar  sebesar  30.3  %.  Hal  ini  berarti  masih  ada

        variable   lain  yang    mempengaruhi      prestasi   belajar,  misalnya    faktor

        lingkungan  akademik,  sarana  dan  prasarana  belajar,  faktor  keluarga,  serta

        minat untuk belajar.

            Santi  Peni  Hapsari  dalam  skripsinya  yang  berjudul Hubungan  Antara

    Persepsi    Terhadap     Fungsi   Bimbingan      dan   Konseling     Dengan     Minat

    Berkonsultasi  Siswa,  dia  menyimpulkan:  Semakin  tinggi  persepsi  terhadap

    fungsi  bimbingan  dan  konseling  maka  semakin  tinggi  minat  berkonsultasi

    siswa  sebaliknya  semakin  rendah  persepsi  terhadap  fungsi  bimbingan  dan

    konseling maka semakin rendah minat berkonsultasi siswa.



     Berdasarkan  dua  skripsi  di  atas,  nampak  belum  ada  yang  meneliti  tentang

     bimbingan dan konseling Islami di SD plus Al Firdaus Surakarta.

              

G.  Metode Penelitian

     1.   Jenis penelitian

         Jenis    penelitian      ini   adalah     penelitian     lapangan.      Penelitian     yang

         prosedurnya  menghasilkan  data  deskriptif  yang  berupa  kata-kata  tertulis

         atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati (Moleong, 1989: 3).

     2.   Pendekatan

         Pendekatan   yang   digunakan   adalah   pendekatan  deskriptif,  yaitu  suatu

         metode  penelitian  yang  digunakan  untuk  memperoleh  data  tentang  fakta-

         fakta  yang  terdapat  disuatu  obyek  tertentu  secara  menyeluruh  dan  teliti

         sesuai dengan persoalan yang akan dipecahkan (Iqbal Hasan, 2002: 33).

     3.   Subyek dan tempat  penelitian

         a.   Subyek penelitian ini adalah

              Subyek (responden) penelitian ini adalah kepala program inklusi, guru-

              guru BK dan anak didik program inklusi SD Al Firdaus Surakarta.

         b.   Tempat penelitian

              Pemilihan daerah penelitian dilakukan secara purposive yaitu di SD Al

              Firdaus Surakarta, yang beralamat di Jl.Yosodipuro 56 Surakarta.

     4.   Teknik pengumpulan data

         Teknik     yang    digunakan   penyusun   untuk   mengumpulkan   data   dalam

         penelitian ini adalah:



a.  Observasi

    Observasi  bisa  diartikan  sebagai  pengamatan  dan  pencatatan  secara

    sistimatik  fenomena-fenomena  yang  diselidiki  (Sutrisno,  1987:  136).

    Pengamatan   terhadap   gejala-gejala   subyek   yang   diteliti   ini   dapat

    dilakukan  secara  langsung  atau  tidak  langsung  dalam  situasi  yang

    sebenarnya  atau  situasi  buatan  (Marzuki,  1986:  60).  Sedangkan  yang

    digunakan dalam penelitian ini adalah observasi secara langsung dalam

    situasi   yang    sebenarnya.     Metode     observasi    digunakan     untuk

    mengamati  letak  geografis  SD  plus  Al  Firdaus  Surakarta,  struktur

    organisasi  dan  untuk  memperoleh  data  dari  guru  BK  dan  siswa  yang

    terlibat dalam proses pendidikan BK Islami.

b.   Metode interview

    Interview atau wawancara adalah cara pengumpulan data dengan jalan

    tanya-jawab     sepihak     yang    dilakukan     dengan     sistimatik   dan

    berlandaskan  pada  tujuan  penelitian  (Sutrisno,  1987:  193).  Dalam  hal

    ini  penyusun  menggunakan  jenis  interview  bebas  terpimpin  dengan

    cara  penginterview  membawa  pertanyaan-pertanyaan  yang  mengarah

    pada tujuan penelitian kepada interviewer. Akan tetapi cara pertanyaan

    ini   disampaikan   kepada   interviewer   suasana   atau   irama   interview

    diserahkan  kepada  kebijaksanaan  interviewer  (Sutrisno,  1987:  207).

    Penulis menggunakan metode ini untuk memperoleh data secara umum

    di  program  inklusi  SD  Al  Firdaus  Surakarta,  dan  masalah-masalah

    yang  berkaitan  dengan  pelaksanaan  bimbindan  dan  konseling  Islami di



        program  inklusi  SD  Al  Firdaus  Surakarta.  Metode    ini  disampaikan

        kepada kepada sekolah,  guru BK, wali murid program inklusi.

    c.   Dokumentasi

        Metode   dokumentasi   adalah   mencari   data   mengenai   hal-hal   yang

        variabelnya  berupa  catatan-catatan,  trankrip,  buku-buku,  surat  kabar,

        majalah, prasasti, notulen rapat, legger, agenda dan lain-lain (Arikunto,

        1992:  200).  Metode  ini  digunakan  untuk  mendapatkan  data  berupa:

        letak   geografis,  jumlah    guru,   jumlah   siswa,   struktur   organisasi,

        fasilitas, sarana prasarana.

5.   Sumber data

    Data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  yaitu  data  primer  dan  data

    sekunder.

    a.   Data primer

        Data  primer  penulis  peroleh  dari  hasil  wawancara  dengan  responden

        sebagai  suatu  untuk  mengetahui  pelaksanaan  bimbingan  dan konseling

        Islami di program inklusi SD Al Firdaus Surakarta.

    b.   Data sekunder

        Pengumpulan  data  sekunder  penulis  gunakan  untuk  memperoleh  data

        yang  berkaitan  langsung  dengan  proses  pelaksanaan  bimbingan  dan

        konseling  Islami  di  program  inklusi SD Al Firdaus Surakarta. Adapun

        data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini antara lain:

        1)  Data karyawan dan staf pengajar

        2)  Jumlah siswa


        3)   Sarana dan prasarana yang dimiliki

        4)  Profil SD

        5)   Struktur organisasi

        6)  Program pendukung pembelajaran individual

6.   Populasi dan sample

    a.   Populasi

        Populasi  adalah  keseluruhan  dari  obyek  penelitian  yang  cirri-cirinya

        akan diduga (Sutrisno Hadi, 1981: 63). Dalam penelitian ini yang akan

        dijadikan populasi adalah kepala program inklusi, seluruh staf pengajar

        dan  seluruh  siswa  program  inklusi  SD  Al  Firdaus  Surakarta.  Adapun

        rinciannya adalah sebagai berikut:

            Kepala program inklusi 1 orang

            Guru pendamping 11 orang

            Siswa program inklusi 11 anak

    b.   Sampel

        Sampel   adalah   bagian   atau   wakil   populasi   yang  diteliti.  Pedoman

        pengambilan   sampel   yaitu:   apabila  subyeknya  kurang  dari  seratus,

        maka   lebih   baik   diambil   semua   sehingga   penelitiannya   merupakan

        penelitian   populasi.   Tetapi   apabila   subyeknya     besar   maka    dapat

        diambil antara 15-20 % atau 20-25 % atau lebih (Arikunto, 993: 104).

        Dalam  penelitian  ini  seluruh  populasi  diteliti,  sehingga  penelitian  ini

        merupakan penelitian populasi.

7.   Analisis data



                Metode  analisis  data  adalah  usaha  untuk  menyeleksi,  menyusun  dan

         mereferensikan  data  yang  telah  masuk  dengan  tujuan  agar  data  tersebut

         dapat dimengerti isi dan metodenya (Mohammad Ali, 1982: 120).

                Dalam   menganalisa   data,   penulis   menggunakan   cara   pentahapan

         secara  berurutan  yang  terdiri  dari  tiga  alur  kegiatan  bersamaan  yaitu:

         pengumpulan  data  sekaligus  reduksi  data,  penyajian  data,  dan  penarikan

         kesimpulan  atau  verifikasi.  Pertama,  setelah  pengumpulan  data  selesai,

         terjadilah   reduksi   data   yaitu   suatu   bentuk   analisis   yang   menajamkan,

         menggolongkan,         mengarahkan,       membuang        yang     tidak    perlu,    dan

         mengorganisasikan  data  dengan  cara  sedemikian  rupa  hingga  kesimpulan-

         kesimpulan  finalnya  dapat  ditarik  dan  diverifikasikan.  Kedua,  data  yang

         telah   direduksi   akan   disajikan   dalam   bentuk   narasi   maupun   matriks.

         Ketiga,  penarikan  kesimpulan  dari  data  yang  telah  disajikan  pada  tahap

         yang kedua dengan mengambil kesimpulan pada tiap-tiap rumusan.

                Metode  analisa  yang  digunakan  dalam  menyusun  skripsi  ini  adalah

         analisis  deskriptif.  Analisis  deskriptif  adalah  analisa  data  yang  berfungsi

         untuk   mendeskripsikan   atau   memberi   gambaran   tentang   obyek   yang

         diteliti  melalui    sampel    sebagaimana       adanya    tanpa    membuat       analisis

         ataupun kesimpulan yang berlaku untuk umum (Sugiyono, 1999: 21).

H.  Sistematika Pembahasan

              Skripsi   ini   terdiri   dari   lima      bab.   Secara   garis   besar   sistematika

    penulisan skripsi ini dapat diuraikan sebagai berikut:



          Bab  I    pendahuluan,  berisikan  latar  belakang  masalah,  penegasan

istilah, rumusan      masalah, tujuan dan  manfaat penelitian, tinjauan pustaka,

metode penulisan dan sistematika pembahasan.

          Bab II landasan teori, bab ini berisi tentang:

1.   Definisi  bimbingan  dan  konseling  Islami,  fungsi  bimbingan  dan  konseling

     Islami,  faktor-faktor  bimbingan  dan  konseling  Islami,  tujuan  bimbingan

     dan konseling Islami, penerapan bimbingan dan konseling Islami.

2.   Pengertian program inklusi, faktor-faktor program inklusi, tujuan program

     inklusi.

          Bab   III   pelaksanaan   bimbingan   dan   konseling   Islami   di   Program

Inklusi SD Al Firdaus Surakarta, bab ini berisi tentang:

1.   Gambaran  umum  SD  Al  Firdaus  Surakarta,  mencakup:  letak  geografis,

     keadaan  siswa,  keadaan  pengajar  dan  struktur  organisasi  SD  Al  Firdaus

     Surakarta.

2.   Bimbingan   dan   konseling   Islami   di   Program   Inklusi   SD   Al   Firdaus

     Surakarta,  tujuan  bimbingan  dan  konseling  Islami,  fungsi  bimbingan  dan

     konseling  Islami,  faktor-faktor  bimbingan  dan  konseling  Islami,  hambatan

     serta usaha-usaha dan hasil yang dicapai.

          Bab IV analisis tentang pelaksanaan  bimbingan  dan  konseling Islami

di Program Inklusi SD Al Firdaus Surakarta.

          Bab V  penutup, mencakup: kesimpulan dan saran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar